Pages

SSD (SOLID State Drive)


Mengenal Ruang Simpan SSD
Apa itu SSD ?
SSD atau kependekan dari Solid State Drive adalah media penyimpan ini tidak memiliki cakram dan mesin mekanik seperti hard disk. Idenya sama dengan flash disk yang biasa kita gunakan, yaitu menggunakan sel memori flash sebagai inti penyimpanan. Namun, yang ini berkapasitas besar serta di lengkapi dengan standar yang sama dengan hard disk biasa.
Keuntungan Penggunaan SSD
Solid state drive kini telah lazim di jumpai ukurannya yang kian besar dan terjangkau menjadi satu pertimbangan khusus walaupun dibandingkan dengan hard disk masih sangat  mahal namun keuntungan yang di dapat pun berlipat-lipat sehingga harga yang tinggi pun “terbayarkan” dengan segal kelebihan dari SSD, dan kami yakin sebentar lagi demam SSD akan datang seiring jajaran laptop saat ini juga telah memasuki era Ultrabook.
·         Waktu tunggu lebih cepat. Tanpa media cakram maka keterlambatan waktu tanggap yang disebabkan karena pencairan sektor pada media cakram pada hard disk biasa (seek time) tidak ada. Dengan demikian kecepatan dan ketersediaan pasokan data dari SSD cepat dan instan.
·         Tahan guncangan dan panas. Jika pada hard disk ada istilah flying head di cakramnya, maka pada SSD tidak ada sama sekali sehingga lebih tahan guncangan. Ini dapat menjadi pertimbangan penting untuk laptop anda yang kerap digunakan mobile.
·         Tidak bising. Suara pada hard disk disebabkan rotor mekanik dan gerakan head, sedangkan pada SSD sama sekali tidak ada. Wajar jika media penyimpanan ini sangat senyap.
·         Hemat listrik. Hilangnya komponen mekanik membuat media ini sangat irit daya, kira-kira kurang dari setengah daya yang dikonsumsi hard disk konvensional. Penggunaan SSD akan memperpanjang waktu pakai baterai laptop yang kita miliki.
·         Lebih dingin. Tidak adanya gesekan atau putaran cakram pada SSD membuat media ini cenderung lebih dingin serta mempunyai temperatur yang stabil walaupun ditengah kesibukan baca-tulis data yang tinggi.
·         Lebih ringan. Kumpulan chip memori pada SSD jelas lebih ringan dibandingkan cakram. Laptop anda pun pastinya jadi lebih ringan walaupun ini tidak terlalu signifikan.
Kelemahan SSD
·         Mahal. Kelemahan dari SSD adalah harga SSD yang masih relatif lebih mahal. Saat ini, perangkat tersebut masih berbandrol sekitar 1 US$ per 1 Gigabyte kapasitas. Namun seiring dengan perkembangan kebutuhan dan produksi yang makin banyak dan massal, diperkirakan dua atau tiga tahun lagi harga peranti SSD akan semakin murah dan kompetitif.
·         Kapasitas kecil. Sekarang ini SSD kapasitas terbesar yang ditemukan di pasaran yaitu 512 GB. Tentunya, kapasitas ini masih jauh dari kapasitas hard disk yang telah mencapai hitungan Terrabyte.

0 komentar:

Posting Komentar